Satu Mesin Bisa Segalanya: FTL820 Efektif Bajak di Ladang Kering, Sawah Dangkal dan Buat Saluran Air

Dalam upaya memenuhi kebutuhan petani di seluruh Indonesia, Firman Indonesia terus berinovasi dalam mengembangkan Alat Teknik khususnya di bidang Cultivator/Mesin Bajak mini. Salah satu inovasi terkini yang cukup menarik perhatian para petani adalah mesin cultivator serbaguna FTL820 yang mampu beroperasi di berbagai kondisi lahan. Dari ladang kering hingga sawah dangkal, bahkan dalam pembentukan saluran air yang presisi, mesin ini menawarkan solusi yang efisien dan efektif. Apa saja keunggulan dan manfaat dari mesin cultivator FTL820 ini? Simak info lengkapnya!

Mesin ini memiliki perkembangan terbaru dari tipe sebelum nya yaitu FTL620 dan FTL720D dimana FTL820 ini dapat membuat saluran air dengan efektif dan dilengkapi juga dengan transmisi gigi mundur yang dapat memudahkan petani bekerja.

Implemen/Aksesoris
Dalam Setiap Paket pembeliannya, Firman FTL820 mempunyai beberapa implemen/aksesoris bajak diantaranya: Pertama, yaitu Rotary Anti wind blade, yaitu cakar baja yang bisa digunakan untuk membajak sawah maupun ladang kering. Rotary antiwind blade FTL820 memiliki diameter yang lebih besar dan juga jumlah mata pisau yang lebih banyak dibandingkan FTL620, sehingga hasil pengolahan lebih maksimal.
Kedua, yaitu Ditching Blade yaitu mata pisau yang digunakan untuk membuat saluran air.
Ketiga, yaitu Roda besi yang multifungsi, dapat digunakan untuk berjalan di aspal dan di tanah kering maupun basah. Selain itu Roda Besi FTL820 memiliki material yang lebih tebal dan diameter yang lebih besar dibandingkan tipe FTL620.
Keempat, yaitu Roda Besi kecil, yang berfungsi untuk berjalan ketika sedang membuat saluran air/melewati parit.
Kelima, FTL820 dilengkapi dengan Bar Resistance yang dapat digunakan untuk mengatur laju pada saat membajak.
Keenam, yaitu Roda Depan yang berfungsi untuk menjaga agar pisau rotary tidak menyentuh permukaan jalan ketika sedang dipindahkan.
Selain itu, terdapat juga implemen yang dapat digunakan FTL820 akan tetapi dijual terpisah, yaitu Wet Rotary Blade, implemen ini berfungsi untuk membajak dan menggemburkan pada sawah dan ladang kering.


Foto: Aksesoris/Implemen FTL820 (Firman Indonesia/Ryhat)

Mesin Penggerak
Tiller ini menggunakan mesin penggerak bensin dengan daya sebesar 6.5 HP yang Terbukti Tangguh, hemat bahan bakar dan dapat menghasilkan kecepatan putaran mesin maksimal 3600 rpm

 
Foto: FTL820 membajak dan membuat saluran air (Firman Indonesia/Angga Aditia)

Membajak ladang kering & membuat saluran air
Pada pengunaan Membajak Ladang kering, mesin ini dapat menghasilkan kedalaman bajak mencapai 30 cm dengan lebar bajak maksimal 100 cm. Pada pengunaan Membuat saluran air mesin ini dapat menghasilkan kedalaman saluran air maksimal 30cm, dengan lebar saluran air maksimal 30cm.


Foto: FTL820 dengan Stang Fleksibel (Firman Indonesia/Angga Aditia)

Fitur Gigi Mundur & Stang Fleksibel
Untuk memudahkan petani, FTL820 dilengkapi dengan transmisi gigi mundur, fitur ini membantu petani ketika ingin mengulangi proses pembuatan saluran air ataupun membajak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. FTL820 ini juga mempunyai fitur handle flexible yang dapat berputar hingga 180⁰ sehingga petani dapat mengubah posisi handle sesuai dengan keadaan kontur tanah ketika membuat saluran air. Selain itu fitur ini berfungsi agar mesin lebih ramping dan memudahkan untuk penyimpanan.


FTL820 membajak di sawah dangkal (Firman Indonesia/Angga Aditia)

Membajak sawah dangkal
Pada pengguaan membajak sawah dangkal, mesin ini tetap menggunakan Rotary Anti Wind blade untuk mencacah tanah yang masih ada jerami sekalipun. Pada sawah dangkal mesin ini dapat menghasilkan kedalaman bajak maksimal 30 cm dengan lebar bajak maksimal 100 cm. Mesin ini mempunyai keunggulan yang dapat mengolah sawah tanpa harus melakukan proses singkal dan juga gelebek. Sehingga dapat memangkas waktu kerja hingga 2 kali lipat lebih cepat dan efisien.

Kapasitas kerja
FTL820 ini mampu membajak di ladang kering ataupun sawah dangkal seluas 1000 meter² yang menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam saja. Selain itu, mesin ini sanggup membajak pada lahan dengan kemiringan hingga 30°.

Keunggulan lainnya
Mesin ini menggunakan sistem gardan ganda, yang membuat mesin ini lebih stabil ketika digunakan di ladang basah ataupun di ladang kering, dibandingkan dengan tiller konvensional. Keunggulan lain dari FTL820 yaitu memiliki pelindung kebocoran yang berfungsi melindungi oil seal akibat pengikisan oleh rumput yang tergulung, agar tidak cepat aus.